.quickedit{ display:none; }

Rabu, 20 Agustus 2014

Macam-Macam Bisnis Affilate




 Sahabat blogger,

Masih bersemangat belajar bisnis online?

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang apa itu bisnis affiliate dan kelebihan-kelebihannya. Kali ini saya akan memperkenalkan tentang jenis-jenis bisnis affiliate yang paling sering dipraktekkan oleh para affiliate marketer, baik di Indonesia mupun di luar negeri. Sekedar informasi bahwa metode affiliate marketing pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 dengan Amazon.com sebagai salah satu perusahaan yang mempopulerkan dan meraup banyak keuntungan dari metode baru tersebut.

Sebagai industri yang sedang berkembang pesat, affiliate marketing diprediksi menghasilkan penjualan sebesar $ 4,1 milyar pada tahun 2014. Sebuah angka yang cukup fantastis untuk  bisnis dengan konsep yang cukup sederhana dan berbasis internet.

Okay, cukup dengan intronya :), saatnya saya perkenalkan 4 macam program affiliate yang cukup populer di kalangan internet marketer : 

1.Pay Per Sales (PPS)
Sebuah program affiliate marketing yang paling sering dijumpai di internet. Di mana seorang affiliate marketer akan mendapat komisi dari setiap penjualan yang terjadi melalui link webnya. Besar komisi yang diterima umumnya sekitar 5 - 50% dari harga penjualan, bahkan ada produsen / merchant yang berani memberi komisi hingga 75%, biasanya ini diberikan pada penjualan produk digital semisal e-book.Contoh dari program ini adalah Clickbank.com

2.Pay Per Click (PPC)
Ini adalah program affiliate yang memberikan komisi  jika ada pengunjung yang meng-klik iklan yang dpasang pada situs / blog anda. Komisi akan diberikan oleh Affiliate Network yaitu pihak ke-3 yang menjembatani antara anda sebagai affiliate marketer dengan Producer / Merchant sebagai penghasil produk. Contoh yang terkenal adalah google adsense.

3.Pay Per Lead (PPL)
Biasa juga disebut dengan Pay Per Action atau Pay per Performance.
Banyak yang menyebut sebagai program affiliate yang paling mudah karena tidak perlu ada penjualan. Komisi kan diberikan jika anda berhasil mengajak pengunjung situs untuk melakukan serangkaian tindakan seperti mendaftarkan alamat e mail, mendaftar ke sebuah website secara gratis,mengunduh software dan lain-lain.

4.Pay Per Review (PPR)
Program affiliate yang memberikan komisi jika kita melakukan review (ulasan) pada  sebuah produk barang atau jasa. Kemampuan berbahasa Inggris diperlukan karena biasanya program ini kebanyakan dari web luar negeri yang berbahasa Inggris dan situs atau blog kita yang digunakan untuk mereview pun dituntut mempunyai nilai jual yang tinggi untuk memastikan besarnya jumlah pengunjung. Penghasilan yang berupa mata uang dollar menjadi daya tarik tersendiri dari program ini.

Itulah 4 program affiliate yang banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis online, masing -masing ada kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Anda bisa memilih sesuai dengan kecenderungan maupun kemampuan yang paling anda kuasai. Intinya adalah begitu banyak peluang ataupun rahasia bisnis online yang bisa kita gali jika memang berniat untuk mencari cara mendapatkan uang dari internet.

Selamat memilih bisnis affiliate.....



Sumber : Berbagai Sumber




Tidak ada komentar:

Posting Komentar