.quickedit{ display:none; }

Kamis, 28 Agustus 2014

Berburu Ceruk Pasar

Sahabat Blogger,

Satu lagi rahasia bisnis online yang wajib anda ketahui.
Tahukah anda apa yang disebut dengan niche market? 
Niche market (baca : nis atau nic) adalah pasar yang sangat fokus terhadap suatu jenis produk barang atau layanan tertentu atau menurut wikipedia adalah produk atau jasa yang khusus ditujukan untuk memuaskan kebutuhan pasar secara spesifik.
Atau, dengan sudut pandang yang sedikit berbeda niche market adalah "sekelompok orang yang berusaha mencari solusi atas masalah yang sedang mereka hadapi tapi belum berhasil menemukannya"
Masih bingung?
Okay begini saja, niche market "adalah pasar tersembunyi/ceruk yang sedang menunggu untuk anda garap dengan segera"
Bagaimana? Sudah jelas kan?

Mencari niche market adalah sebuah tantangan tersendiri karena diperlukan kata kunci yang tepat mengingat keunikan dari barang tau jasa yang diminta oleh pasar, tapi di sini saya akan berbagi tips yang semoga bisa mempermudah usaha anda mencari niche market.

1.Riset
Ini adalah hal penting pertama yang harus anda lakukan untuk menentukan apakah produk yang akan anda jual banyak dicari orang atau tidak dan sekaligus juga berguna untuk mengetahui besarnya persaingan di bidang tersebut. Anda bisa mennggunakan google keyword planner untuk melakukan riset pasar ataupun riset kata kunci.

2.Fokus
Konsentrasi pada satu niche market dulu hingga usaha anda benar-benar lancar dan mapan baru anda bisa beralih pada produk atau jasa yang lain. Menggarap banyak niche market pada waktu bersamaan hanya akan membuat anda semakin bingung, sulit fokus dan akibatnya hasil pun tidak maksimal.
 
3.Media Pemasaran 
Maksimalkan semua media pemasaran yang anda tahu untuk menjaring sebanyak mungkin konsumen. Jika anda punya website / blog maka isilah dengan konten yang relevan dan berguna tentang niche market tersebut. Lakukan update secara rutin sehingga pengunjung semkin tertarik dan mau membeli produk kita.
Aktif di media sosial juga akan menguntungkan, bergabunglah di group atau forum yang terkait langsung dengan niche market yang kita incar. Bisa di faebook, twitter ataupun kaskus dan yakinkan  mereka bahwa andalah solusi yang dicari selama ini.
 
Itulah tips sederhana yang bisa saya bagikan buat anda, semoga bermanfaat. Tetap semangat belajar bisnis online, baik bagi yang masih pemula maupun yang sudah mahir. Saya doakan semoga sukses selalu menyertai anda semua....:)
 
Selamat berburu niche market..... 
 
     
 
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar