.quickedit{ display:none; }

Selasa, 15 Juli 2014

Kenapa Berbisnis Online?

Sahabat blogger,

Dari pengamatan dan pengalaman saya selama ini,kebanyakan para pelaku bisnis memulai usahanya tanpa direncanakan terlebih dulu,terpaksa harus melakukan karena tuntutan perut dan kewajiban menafkahi keluarga alias kepepet.

Ini persis sama dengan yang dialami sendiri oleh Bpk. Davit Putra,salah satu pebisnis online terkemuka yang memutuskan untuk terjun ke bisnis online karena kebutuhan hidupnya tak terpenuhi hanya dengan mengandalkan pekerjaan sebelumnya.



 Tapi dari sekian banyak peluang bisnis ada kenapa harus memilih  bisnis online?

Untuk itu kita harus mengetahui karakteristik dan rahasia bisnis online agar tidak salah langkah dan berakibat mengalami kerugian.

Bisnis online mempunyai beberapa keuntungan atau kelebihan yaitu :
  1. Fleksibel alias tidak terikat waktu,bisa dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja. Cocok bagi yang merancang usaha sampingan (part time job) di luar pekerjaan utama sehingga bisa dilakukan di waktu senggang,sebaliknya bisa dijadikan pekerjaan utama (full time job) bagi yang berniat fokus di bidang ini.
  2. Investasi awal relatif kecil. Cukup dengan komputer atau laptop yang mempunyai akses internet anda bisa memulai bisnis ini,sementara biaya internet anda bisa memiih sendiri di pasaran,provider mana yang menurut anda paling efisien biaya akses internetnya. Tapi estimasi biayanya sekitar 200 ribu per bulan sudah mendapatkan koneksi yang memadai.
  3. Jangkauan dan potensi bisnis global. Sekalipun bisnis anda sifatnya lokal tidak menutup kemungkinan anda akan mendapatkan customer dari mancanegara tergantung kepandaian anda berpromosi. semua itu bisa anda lakukan tanpa menggeser duduk anda dari depan layar komputer.Dan jangan kaget jika anda memperoleh penghasilan berbentuk dollar, apalagi jika bisnis anda menggunakan bahasa inggris.
  4. Learning by doing. Anda bisa menjalankan bisnis online meskipun masih merasa sebagai pemula di bidang ini (persis spt saya...:D) karena semua skill yang diperlukan bisa dipelajari sambil jalan,tidak peduli apaun latar belakang anda asal mau berusaha pasti bisa.Jutaan info berharga bisa anda pelajari di internet untuk meningkatkan kemampuan anda.
  5.  Otomatisasi Anda bisa ciptakan sebuah sistem untuk memudahkan anda melakukan rutinitas pekerjaan anda sehari-hari.Nilai plus dari internet adalah anda bisa mengerjakan semuanya secara otomatis,ada banyak software yang bisa diunduh di internet untuk menjadikan sistem anda otomatis.
  6. No tax. Sampai saat ini belum ada regulasi yang mengatur tentang pajak yang dikenakan dari bisnis online,selama produk anda berupa informasi digital atau e book yang media pengiriman atau untuk mendapatkannya dengan mendownload. Tanpa bea masuk,ongkos kirim dll.Sangat menggiurkan,betul?
  7. Everyday is a holiday. Silakan anda atur sendiri ritme dan pola kerja anda dan dapatkan pengasilan sesuai impian anda.Mau Bali (Banyak Libur) dan hanya kerja waktu weekend juga bisa,bukankah semua sudah diotomatisasi?
Itulah sedikit gambaran tentang keuntungan berbisnis online,meskipun begitu untuk mencapai sukses berbisnis online tetap diperlukan sikap mental yang kuat berupa keuletan,pantang menyerah,kreatif dan kaya inovasi.Tidak jauh beda dengan bisnis apapun juga. Dan yang tak kalah penting adalah kita telah menciptakan lapangan kerja mandiri tanpa harus tergantung orang lain.

Ah masa cuma keuntungan saja yang dibicarakan,emang nggak ada kekurangannya apa?
Yup,layaknya pisau bersisi dua,ada sisi tajam dan ada sisi tumpul,demikian juga bisnis online.

Kerugian nyata adalah bahwa banyak orang memperlakukan bisnis internet mereka sebagai sekedar hobi, sehingga keuntungan yang diperolehpun tidak maksimal.Dengan ide sesaat dan euforia berlebihan mereka mengerjakan secara menggebu-gebu dan ketika hasilnya di luar pengharapan maka secepat itu pula padamnya semangat.Pelaku bisnis  online datang dan pergi setiap hari,hanya yang bermental baja yang bertahan.

Jadi intinya kembali pada mindset dan kesipan mental menghadapi belantara internet,jika anda sudah mempunyai itu maka mendapatkan uang dari internet bukan impian belaka.

Selamat berbisnis online....


Dari : berbagai sumber.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar